Pesona Telaga Sarangan | bandatourism.blogspot.com




Telaga Sarangan terletak di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah tepatnya di bagian barat Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu (3.265 m) yang memiliki alam pegunungan yang indah. Kita dapat  menjadikan Telaga Sarangan sebagai salah satu alternatif liburan jika kita pulang kampong pada saat lebaran atau pada saat-saat liburan Sekolah. Ada banyak wisata alam menarik yang dapat dinikmati di sini. Telaga ini dan lingkungan sekitarnya menawarkan pemandangan alam yang indah dan memukau untuk kita nikmati.

Pemandangan Telaga Sarangan akan memanjakan mata, karena kita dapat melihat telaga yang luas dan pegunungan hijau di sekitar Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Ditambah lagi dengan air telaga yang tenang dan menjadi cermin dari pegunungan dan gunung di sekelilingnya. Memandangi deretan pegunungan dan gunung di sini juga membuat perasaan lebih tenang dan damai ditambah dengan udara sejuk pegunungan dengan suhu sekitar 18-23 derajat Celcius. Udara sejuk pegunungan bisa kita nikmati karena Telaga Sarangan terletak pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut.

Di pinggir telaga tersedia sepeda air dan perahu boat. Ini dapat menjadi sarana bagi kita yang ingin mengelilingi telaga melalui air. Atau kita dapat berkeliling menggunakan kuda atau delman yang ditawarkan penduduk sekitar. Pasti hal ini dapat menyenangkan. Atau bagi yang ingin berolahraga, kita dapat mengelilingi telaga ini dengan berjalan kaki atau berlari. Kita juga akan menjumpai hutan pinus di lereng pegunungan di sekeliling Telaga Sarangan. Suasana yang sejuk dan indah pasti akan membuat olahraga menjadi menyenangkan.


Setelah puas berkeliling, kita dapat memesan sate kelinci dan lontong yang banyak ditawarkan di sekeliling telaga ini. Sate yang jarang ditemui di daerah lain ini layak untuk di coba, karena dengan daging yang lembut dan empuk dapat membuat kita ketagihan. Harga yang ditawarkan Rp 7.000 / porsi, harga yang cukup terjangkau untuk kantong kita. Makanan lain yang dapat dinikmati di sini adalah nasi pecel. Daerah Sarangan bertetangga dengan Kota Madiun yang terkenal dengan bumbu dan sambal pecel. Pecel ini menjadi istimewa karena bumbu kacangnya yang nikmat ditambah aneka gorengan sebagai pelengkapnya.




Di sekeliling telaga ini, ada banyak sekali hotel kelas melati yang dapat menjadi tempat  menginap. Hotel yang saling bersaing ini menawarkan harga yang tidak terlalu mahal. Kita dapat menginap di ruangan dengan 2 kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu dengan harga sekitar Rp 500.000,- untuk semalam. Atau ada juga yang hanya 1 kamar dengan harga yang lebih murah. Tempat penginapan ini juga menyediakan air panas untuk mandi dan untuk minum. Umumnya, hotel melati ini berlantai 2 sehingga kita dapat leluasa menikmati Telaga Sarangan dengan sudut pandang lebih luas.

Setelah puas berwisata di Telaga Sarangan, sebelum kembali kita dapat berbelanja oleh-oleh dan cinderamata dari Telaga Sarangan. Kita dapat membeli tas, kaos atau kerajinan tangan lain yang merupakan hasil karya dari masyarakat sekitar.

Telaga Sarangan yang indah sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Selamat menikmati liburan di Telaga Sarangan, wisata alam yang indah dan mempesona.

sumber: http://expresiaku.wordpress.com
photo: http://kafilahmuda.multiply.com,  http://klayapan.wordpress.com